29 April 2013

Sebagian Komputer Di Dunia Tidak Terlindungi Anti Malware

Perilaku user komputer menjadi faktor penting dalam menentukan tingkat keamanan komputer itu sendiri terutama saat terkoneksi dengan internet. Laporan Security Intelligence Report, membuka fakta yaitu komputer diseluruh dunia, 25% diantaranya tidak dilengkapi dengan perangkat antimalware.
Beberapa negara yang masuk kategori “hotspot” yaitu Mesir, dimana PC yang tidak terlindungi antivirus mencapai angka 40%. Sementara itu di Amerika mencapai 26%, dan Inggris 21%. Riset tersebut dilakukan berdasarkan data yang diperoleh dari penyedia jasa layanan internet yang meliputi 600 juta komputer diseluruh dunia.

Laporan tersebut juga menyebutkan, PC yang tidak terlindungi rata-rata mengalami serangan malware sebanyak 5,5 kali. “Memasuki semester kedua tahun 2012, ada 2,5 dari 10 komputer didunia atau 25% komputer tidak terlindungi oleh software antivirus yang up-to-date.

Menurut Microsoft, komputer yang tidak terlindungi terutama disebabkan karena beberapa aspek yang bisa berdiri sendiri maupun kombinasinya. Aspek penyebab tersebut diantaranya karena ketidaktahuan user, berakhirnya masa trial software antivirus, karena terinfeksi malware, maupun karena tertipu oleh software antivirus palsu.

Yudhi Kukuh, Technical Consultant PT. Prosperita-ESET Indonesia menyampaikan  bahwa banyak kasus, karena untuk kebutuhan seperti bermain game online, software antivirus sengaja di-disable, tetapi kemudian mereka lupa untuk mengaktifkannya kembali.

Yudhi Kukuh juga menambahkan beberapa langkah penting yang harus dilakukan untuk melindungi komputer kita. Kita bisa mulai dari langkah yang paling dasar yaitu menginstal perangkat lunak antivirus yang up-to-date sekaligus mampu melakukan updating secara real time.

Pilih antivirus yang ringan dan tidak mengganggu aktivitas. Dengan begitu, maka kita akan terhindar dari risiko menjadi korban kejahatan internet kita juga aman. ESET dalam hal ini sudah memiliki teknologi yang mengenali aktivitas kita, saat menggunakan komputer full screen misalnya saat presentasi atas main game, tidak akan ada notifikasi yang mengganggu.

0 komentar:

 

Copyright @ 2013 Catatan pemy .

Designed by www.pemdoot.com