27 September 2013

Ini dia alasan kenapa Baterai non ori (KW) berbahaya untuk Laptop & Smartphone!

Pada kali ini penulis membahas tentang alasan kenapa baterai Non Original (KW) sangat berbahaya untuk laptop atau smartphone?. Pasaran harga baterai ori memang sangat mahal dan kadang-kadang tidak wajar, tapi ketahuilah karena baterai ini dibuat berdasarkan pabrikannya jadi bisa dibilang sangat aman digunakan. Tetapi bila anda menggunakan baterai KW, akan ada kemungkinan terjadinya kebakaran, meledak atau akan menyakiti diri anda sendiri. Mari kita bahas lebih lanjut di beberapa alasan di bawah ini.

Banyak Cerita Mengerikan dari Pengguna Baterai KW

Pada saat tahun 2013, Samsung Galaxy S3 meledak di saku celana seorang gadis 18 tahun, memberikan 3 tingkat luka bakar. Setelah diteliti, baterai yang digunakan bukanlah baterai original Galaxy S3, melainkan baterai KW dengan logo Samsung. Kejadian smartphone meledak bukanlah hal yang menajubkan lagi, masih banyak korban lain lagi yang tertimpa demgam musibah sama.

 Jika anda berencana ingin membeli baterai KW bahkan di toko elektronik yang anda percaya, berpikirlah dua kali. Mungkin banyak teman anda yang menggunakan baterai KW dan semuanya mungkin lancar-lancar saja, tetapi itu tidak cukup menjamin baterai KW tersebut aman. Produsen baterai ori sudah menetapkan standart baterai yang tinggi, tetapi produsen baterai KW mendesain baterai serendah mungkin untuk membuat harganya menjadi murah.

Kenapa Baterai Bisa Meledak atau Terbakar?

Gadget modern biasanya menggunakan baterai Lithium ion (Li-ion). Jika baterai Li-ion yang anda gunakan adalah baterai KW, maka ada resiko yang cukup besar bagi baterai tersebut untuk terbakar. Hal ini dikarenakan sebagian besar baterai KW dibuat dari baterai rusak atau tidak dibuat dengan cara yang benar. Baterai Li-ion KW berpotensi untuk meleleh dan menghasilkan panas yang menyeluruh. Ketika baterai cukup panas, umpan balik positif akan terjadi dan membuat baterai semakin panas, dan semakin panas sampai bisa-bisa meledak atau terbakar. Singkatnya baterai dapat meledak, terbakar, dan berasap karenakan arus pendek, panas yang berlebihan atau charging yang berlebihan.
 

 Berbeda dengan baterai KW, baterai Li-ion original umumnya dilengkapi sistem keamanan dalam hal charging berlebihan, yang mencegah terjadinya pengisian terus menerus ketika baterai sudah penuh. Tetapi pada Baterai KW sistem ini mungkin tidak bekerja bekerja baik atau bahkan tidak ada sama sekali.

Masalah Lain

Bahkan jika baterai KW tidak meledak atau terbakar, baterai KW mungkin tidak bekerja dengan semestinya (seperti cepat habis sehingga anda sering charging). Seperti kata pepatah, “apa yang anda dapatkan adalah yang anda bayarkan.”
 

Kesimpulan

Lupakanlah membeli baterai KW dan belilah baterai ori, baterai ori sangat aman anda gunakan dan bergaransi jika terjadi kerusakan pada smartphone dan keselamatan anda. Walaupun harganya lebih mahal, anda akan mendapatkan keamanan dan ingatlah pepatah “apa yang anda dapatkan adalah yang anda bayarkan.” Jika anda tidak cukup punya uang untuk membeli baterai ori, lebih baik anda bertahan sedikit lama dan menabunglah untuk membeli baterai ori. Baterai ori selalu bisa anda dapatkan di gerai resmi dari masing-masing merek smartphone atau laptop yang anda gunakan.

0 komentar:

 

Copyright @ 2013 Catatan pemy .

Designed by www.pemdoot.com