08 February 2013

MySQL ditinggalkan beberapa Distro LINUX, welcome mariaDB

MySQL adalah sebuah perangkat lunak Pembuat database yang bersifat terbuka atau open source dan berjalan disemua platform baik Linux maupun  Windows,  MySQL merupakan program pengakses database yang bersifat network sehingga dapat digunakan untuk aplikasi Multi User (Pengguna Banyak).
MySQL adalah Relational Database Management System (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License).

Namun Ketidakpastian akan masa depan MySQL setelah diambil alih oleh Oracle membuat beberapa distribusi Linux mulai meninggalkan aplikasi relational database management system (RDBMS) tersebut. Dua distribusi populer yang berbasis open-source, Fedora dan openSUSE, bahkan sudah secara tegas memastikan bahwa mereka akan mengganti MySQL dengan RDBMS lain di versi terbaru dari sistem operasi mereka.

Penggantian MySQL dengan RDBMS lain oleh beberapa distribusi Linux tersebut merupakan imbas dari diambil alihnya MySQL oleh Oracle yang terjadi saat mereka membeli perusahaan yang menaungi RDBMS tersebut, Sun. Sejak diambil alih oleh Oracle, banyak pihak yang merasa Oracle tidak serius menggarap RDBMS tersebut, mengingat mereka juga memiliki solusi database mereka sendiri. Beberapa developer juga menyatakan kekecewaan mereka terhadap Oracle karena tidak menaati perjanjian yang dibuat saat mereka membeli Sun, dengan sedikit menganak-tirikan MySQL.

Sebagai ganti dari MySQL, Fedora dan openSUSE dikabarkan akan menyertakan MariaDB, cabang pengembangan dari MySQL yang hingga saat ini masih dikelola secara terbuka oleh komunitas. Untuk Fedora, MariaDB tersebut akan mulai disertakan di Fedora 19 yang akan datang. Sedangkan untuk openSUSE, MariaDB akan disertakan mulai dari versi 12.3 yang akan dirilis di bulan Maret 2013 mendatang.

Terkait penggantian tersebut, pihak Fedora menegaskan bahwa MariaDB tidak akan menimbulkan masalah bagi pengguna MySQL selama ini. Menurut mereka, sistem yang dianut MariaDB akan kompatibel dengan MySQL dari Oracle. Selain itu, penggantian tersebut disebut juga akan membawa dampak positif, karena menurut mereka, MariaDB memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan MySQL.

0 komentar:

 

Copyright @ 2013 Catatan pemy .

Designed by www.pemdoot.com