06 November 2012

Android ! Happy Birthday for you

Android, sistem operasi mobile Google memasuki usia kelima 5 November kemarin. Meski tergolong muda, Android kini menjadi idola sebagian besar pemilik smartphone di seluruh dunia. Pada September lalu tercatat 500 juta Android sudah aktif, dan CEO Google Eric Schmidt mengatakan, ada 1,3 juta aktivasi baru tiap hari.

Jika Schmidt benar, Android akan mencapai 1 miliar aktivasi sebelum ulang tahunnya yang keenam tahun depan. Pencapaian itu lebih fantastis dibanding Facebook, dan lebih gemilang lagi karena aktivasi di Facebook bebas biaya, sedangkan Android harus dibeli sekalian dengan perangkatnya.

Android merupakan sistem operasi mobile open source yang diperkenalkan pertama kali pada 5 November 20117 oleh aliansi sejumlah perusahaan pembuat ponsel, termasuk diantaranya T-Mobile, HTC, Motorola dan Qualcomm. Tujuannya, mendorong inovasi perangkat mobile dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada konsumen dibanding platform yang tersedia ketika itu. Sistem operasi yang dimaksud tentu saja Windows Mobile, Palm OS dan Symbian.

Pada mulanya banyak yang skeptis terhadap keberaan Android karena nasib sistem operasi open source tak pernah bisa mengalahkan dominasi program berbayar seperti Windows.

Tapi keraguan itu kini sirna. International Data Corporation (IDC) melaporkan Android menguasai 75% pangsa pasar penjualan smartphone di dunia selama kuartal ketiga 2012. Sebanyak 136 juta unit smartphone berbasis Android berhasil dikapalkan selama kuartal ketiga tersebut.

Ini berarti dari 3 dari 4 smartphone yang yang dikapalkan selama kuartal ketiga menggunakan sistem operasi Android.

Seri Android selalu diberi nama makanan pencuci mulut kecuali dua versi pertama, 1.0 dan 1.1. Penamaan dimulai sejak versi 1.5, yang lebih dikenal sebagai Cupcake. Sebagian besar tidak begitu kenal dengan Android sampai versi 2.1 Eclair, yang masih digunakan 3,1 persen perangkat saat ini. Eclair diikuti oleh Froyo, yang masih menguasai 12 persen pangsa pasar Android.

"Booming" Android terjadi ketika bermunculan tablet berbasis Android 2.3 alias Gingerbread yang sampai kini masih menguasai 54 persen pasar Android, disusul Honeycomb yang tak terlalu sukses, dan Ice Cream Sandwich sebesar 25,8 persen. Android versi terbaru, Jelly Bean pelan-pelan menyusul dengan pangsa pasar 2,7 persen.
 Tapi apa yang bisa dilakukan dengan seluruh perangkat itu? ada banyak karena aplikasi di Google Play sudah mencapai 556.802. Perusahaan paling sukses memasarkan Android adalah Samsung. Bagimana tidak, AppBrain menyebut 8 dari 10 smartphone Android adalah buatan raksasa asal Korea Selatan itu. Yang paling menonjol adalah Samsung Galaxy, S2, S3, dan S.


Kita tidak tahu sampai kapan Android akan memimpin pasar. Apakah Windows Phone bisa menyaingi? atau jangan-jangan muncul kreasi anak-anak muda negeri sendiri?

Selamat ulang tahun Android.

0 komentar:

 

Copyright @ 2013 Catatan pemy .

Designed by www.pemdoot.com